Ciptakan Bisnis Anda (II)

Ciptakan Bisnis Anda


Tampaknya terasa amat sulit untuk memilih dan memulai jenis bisnis apa yang akan Anda geluti, sepertinya tidak ada satu jenis bisnispun yang cocok disekitar Anda yang dapat Anda lakukan.


Sebenarnya sangatlah banyak yang dapat Anda pilih untuk menjadi lahan bisnis Anda apabila Anda benar-benar mau dan focus memilih salah satu jenis yang Anda geluti. Setidaknya ada tiga kata untuk memandu dalam mencari dan memilih jenis bisnis yang cocok untuk Anda yaitu Walking, Looking, Talking.

Misal suatu ketika Anda mungkin melakukan tour atau rekreasi (Walking) ke luar kota, kalau Anda mau memperhatikan dengan teliti ditempat rekreasi pasti ada kegiatan bisnisnya yang mungkin tidak ada di kota Anda misalnya, bisnis kuliner, bisnis kerajinan kayu, atau jenis apalah menarik bagi Anda, Selanjutnya dari ketertarikan ini kita kembangkan / tingkatkan menjadi melihat, memperhatikan, mengamati (Looking), selanjutnya menganalisa, apakah jenis bisnis ini cocok dengan bakat dan minat anda. Apakah jenis bisnis ini bisa Anda kembangkan di kota Anda, Apabila Anda yakin dapat dikembangkan di kota Anda, galilah lebih serius informasi informasi yang penting baik dengan pemilik bisnis atau dengan sumber lain (Talking) agar dapat menjalankan bisnis Anda lebih mudah.

Bisnis yang Anda ciptakan akan terasa lebih mudah dilaksanakan apabila ada kesesuaian dengan pendidikan, sesuai dengan keahlian, sesuai dengan pengalaman, sesuai dengan hobi Anda serta sesuai dengan trend pasar.

Selanjutnya terserah Anda jenis bisnis apa yang paling cocok untuk Anda, karena semua serba mungkin dengan Inspirasi dan kerja keras.

Salah satu panduan untuk menciptakan bisnis bisa dengan Formula (N7) yaitu;

1. Niat
2. Niteni
3. Nerokke
4. Nambahi
5. Nyiptakke
6. Ngendalekke
7. Nikmati

Setelah semuanya telah melalui pemikiran yang matang segera realisasikan, walau sesederhana apapun atau sekecil apapun jenis bisnis yang Anda rintis. Jangan malu atau minder apalagi gengsi. Jangan tunda lagi, sekaranglah waktunya yang paling tepat untuk awal bisnis Anda.

Tidak ada orang gemuk karena sekali makan yang banyak, tidak ada kesuksesan dengan satu kali langkah, karena kesuksesan berawal dari langkah langkah kecil yang banyak dan terus menerus.

Seperti QS. Al-Insyiqoq 19. Sesungguhnya kalian melalui tingkat demi tingkat (dalam kehidupan)

(QS. Ar Ra’ad) Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu kaum, sebelum mereka mengubah apa yang ada dalam diri mereka.

Jangan terlalu dipikirkan bagimana keadaan Anda sekarang, karena kehidupan dan kesuksesan harus dicapai melalui tingkat demi tingkat dan harus Anda perjuangkan



Tidak ada komentar: